Contoh Use case Diagram

Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan ari sebuh system, yang ditekankan adalah” Apa” yang diperbuat system, dan bukan “bagaiman”. Sebuah use case mempresentasikan sebuah interaksi antara actor dengan system . Use case menggambarkan kata kerja sseper ti Login ke system, maintenance user dan sebagainya. Model use case seperti gambar di bawah ini.

d

Actor adalah segala sesuatu yang berinteraksi langsung dengan system aplikasi komputer, seperti orang, benda atau lainnya. Tugas actor adalah memberikan informasi kepada system dan dapat memerintahkan system agar melakukans sesuatu tugas.
Use case adalah deskripsi fungsi dari sebuah system dari perspektif pengguna. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipikal interaksi antara user(pengguna) sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai. Urutan langkah-langkah yang menerangkan antara pengguna dan system disebut scenario.
Sebuah use case dapat meng-include fungsionalitas use case lain sebagai bagian dari proses dalam dirinya. Secara umum diasumsikan bahwa use case yang di-include akan dipanggil setiap kali use case yang meng-include dieksekusi secara normal.
Sebuah use case dapat di-include oleh lebih dari satu use case lain, sehingga duplikasi fungsionalitas dapat dihindari dengan cara menarik keluar fungsionalitas yang common.
Sebuah use case juga dapat meng-extend use case lain dengan behaviour-nya sendiri.
Sementara hubungan generalisasi antar use case menunjukkan bahwa use case yang satu merupakan spesialisasi dari yang lain.

j

Pada Latihan Pertama Seorang siswa untuk menjadi anggota harus mendaftar terlebih dahulu kepada petugas setelah mendaftar mahasiswa tersebut boleh membaca buku. Jika sudah menjadi anggota, siswa tersebut boleh meminjam buku kepada petugas perpustakaan dan mengembalikannya sesuai dengan ketentuan tersebut apabila anggota tersebut telat mengembalikan buku maka anggota dikenakan denda dan membayar denda tersebut kepada petugas.

h

Pada latihan ini seorang penjaga toko mencatat permintaan setelah itu melihat berapa banyak permintaan yang masuk.kemudian penjaga toko harus membuat laporannya. Petugas stok menghitung stok barang apa saja barang yang di stok kemudian membuat laporannya dan untuk petugas keuangan yaitu menghitung barang yang sudah dijual dan pemasukannya kemudian membuat laporan keuangan.

About these ads

18 thoughts on “Contoh Use case Diagram

  1. saya risky yudha sekarang saya lagi sering menganalisa nd buat diagram2 kaya bgtu..saya kuliah di stikom bali jurusan yg sama kaya yg empunya blog.. salam

  2. bisa bantuin gak gimana use case diagram dengan 3 aktor pengawas, kepala bagian dan pegawai pada program aplikasi absensi?
    trims…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s