HARI PAHLAWAN

Pahlawan, mungkin bagi kita kata-kata itu sudah tidak asing lagi, tetapi tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui kapan hari pahlawan itu di peringati. 64 tahun lamanya Indonesia merdeka, tentunya kemerdekaan ini tidak bisa di dapat secara gratis, tetapi harus di bayar dengan mahal. Banyak pengorbanan yang harus di lakukan oleh para pendahulu kita khususnya para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.
Hampir 250 tahun lamanya Belanda menjajah Indonesia, di tambah dengan Jepang 3,5 tahun. Selama berada dalam masa penjajahan, tentunya banyak rakyat yang menderita, banyak hak-hak mereka yang di rampas, perbudakan merajalela, kelaparan di mana-mana dan pembunuhan yang terus menerus terjadi di setiap harinya. Sungguh merupakan suatu pemandangan yang sangat miris, banyak rakyat Indonesia di lakukan secara tidak manusiawi.
Puncaknya pada tanggal 10 November tepatnya di kota Surabaya, dimana para penjajah ingin menduduki kota pahlawan itu. Langkah tersebut tentunya mendapat reaksi penolakan yang sangat keras dari warga Surabaya, Bung Tomo selaku tokoh sentral dari peristiwa ini menyerukan kepada seluruh warga Surabaya untuk melakukan perlawanan, dan pada tanggal 10 November terjadi pertempuran yang sangat sengit antara warga Surabaya dengan para penjajah. Banyak arek-arek surabaya yang jadi korban akibat pertempuran itu, dengan peralatan perang seadanya, dan disertai semangat juang yang tinggi, mereka bertekad ingin mengusir para penjajah dari kota itu.
Akhirnya, meskipun banyak warga Surabaya yang jadi korban akibat pertempuran itu, langkah penjajah untuk menduduki kota Surabaya tidak terlaksana. Dengan semangat juang yang tinggi dari warga Surabaya, mereka bisa mengusir penjajah dari kota tersebut. Untuk memperingati peristiwa itu, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November merupakan sebagai hari pahlawan nasional.
Pahlawan merupakan suatu sosok yang patut kita hormati dan kita puji. Mereka berjuang tak kenal lelah, mereka tak mudah putus asa, mereka memiliki semangat juang yang pantang menyerah, tujuan mereka hanya satu yaitu berdirinya negara kesatuan republik Indonesia. Sekarang, semua itu sudah tercapai. Tanggal 10 November yang notabene tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia, sudah sepantasnya kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu memperingatinya, agar kita bisa mengenang semua jasa-jasa para pahlawan kita.
Tanggal 10 November merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus bangsa, di haruskan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengenang hari pahlawan ini, di mulai dari belajar sejarah pahlawan, mendatangi musium-musium pahlawan, mendatangi makam para pahlawan dan tentunya ada hal yang lebih penting lagi yaitu belajar yang sungguh-sungguh supaya kita sebagai generasi penerus bangsa bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih maju, sehingga bangsa Indonesia bisa tetap berdiri dengan kokoh tanpa ada gangguan atau interpensi dari bangsa lain yang ingin menghancurkan bangsa kita.
Selain yang telah di sebutkan di atas, tentunya masih banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan, baik oleh pemerintah ataupun oleh kita. Supaya semua warga negara Indonesia bisa mengingat hari pahlawan dan bisa memperingatinya ketika hari pahlawan itu tiba.
Jadi, hari pahlawan merupakan sebuah moment yang sangat penting bagi kita kaum generasi muda yang notabene sebagai penerus bangsa khususnya, serta bagi semua warga negara Indonesia pada umumnya untuk selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan negara. Analoginya, peran serta pemerintah sangat penting dalam mewariskan nilai-nilai serta semangat juang para pahlawan yang pantang menyerah demi terciptanya generasi muda yang tangguh. Semoga!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s