7 Rahasia Bujukan SETAN

SETAN, mungkin semua umat manusia tahu yang namanya SETAN, dan akan bertanya-tanya  apa sih SATAN itu?bentuknya seperti apa?apa makhluk itu punya rambut,  hidung, jenggot atau yang lainnya???. SETAN itu adalah makhluk ciptaan Tuhan yang tugasnya untuk menggoda atau mengajak  umat manusia agar menusia tersebut tidak mengikuti perintah Allah SWT tetapi mengikuti perintah dia, dimana ajakannya itu menjadi hal yang negatif. Contohnya banyak sekali, salah satunya jika anda sedang belajar di kelas baru saja dosennya datang tiba-tiba mata sudah mengantuk, karena SETAN tidak suka jika umat manusia melakukan hal-hal yang positif.

SETAN itu berubah-rubah kadang nampak dan kadang juga tidak nampak, contohnya yang nampak misalkan ada seorang temen anda mengajak bolos kuliah, jadi teman anda itu termasuk SETAN, Jika anda mengikuti temen anda berarti anda mengikuti SETAN. Anda harus bisa melawan SETAN karena SETAN itu ada di mana-mana, bahkan di dalam diri anda pun ada, jika kita mau melakukan sesuatu hal yang positif  pasti anda selalu bertentangan dengan nafsu.

Menurut Al Ghazali bahwa SETAN menggoda atau membujuk manusia dengan tujuh macam cara yaitu:

  1. SETAN melarang manusia agar jangan taat kepada Allah SWT. Padahal orang-orang yang dipelihara atau yang dekat dengan Allah akan menolak bujikan itu. Mereka berkata “Aku sangat membutuhkan pahala dari Allah , sebab itu aku harus memiliki bekal untuk kehidupanku di akhirat nanti.”
  2. SETAN berbisik kepada manusia agar menunda ibadah, seolah-olah berkata “Besok saja ibadahnya kalau sudah tua.”
  3. SETAN mendorong manusia agar cepet-cepet beramal. Akibat dari tergesa-gesa dalam melaksanakan amal kebaikan, hasilnya tidak sempurna. maka dari itu jika kiita mengerjakan sesuatu tidak boleh tergesa-gesa karena tergesa-gesa termasuk perbuatan SETAN.
  4. SETAN membujuk manusia agar mengerjakan amal baik dengan sesempurna mungkin sebab kalau tidak sempurna akan dicela oleh orang lain. itu termasuk pada Riya, dimana Riya adalah pekerjaan yang positif tetapi ada maksud lain yaitu ingin dilihat orang lain. Riya termasuk sifat yang dibenci oleh Allah SWT.
  5. SETAN membujuk dengan cara menyanjung orang yang baru saja beramal, maksudnya agar orang tersebut senang disanjung tetapi yang wajib dsanjung itu hanya Allah karen manusia jika disanjung akan menjadi sombong.
  6. SETAN membujuk manusia agar beribadah dengan diam-diam dan ikhlas, agar jangan dilihat orang. Bujukan SETAN tersebut hanyalah ingin mencampur adukan dan ingin merusak niat. SETAN menyuruh beramal secara ikhlas, padahal tujuannya ingin mengiring pada perbuatan yang berbau Riya.
  7. SETAN selalu berbisik kepada manusia kalau beramal itu tidak ada gunanya.

Taat itu banyak sekali gangguannya dan godaannya. Berhati-hatilah dan qiyaskan selalu urusan dan tingkah laku dengan keterangan tersebut. Marialah kita memohon pertolongan Allah agar dilindungi dan diselamatkan dari kejahatan SETAN yang terkutuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s