Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Saat ini perkembangan dunia komputer sudah begitu pesat, sehingga dalam berbagai proses kegiatan selalu dijumpai keberadaannya, selama ini komputer dapat dipakai untuk membantu orang-orang dalam memecahkan suatu masalah, belakangan ini terjadi peningkatan minat dalam menggunakan komputer sebagai media telekomunikasi melalui internet.
Internet merupakan media yang menyediakan berbagai sarana informasi yang sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Dengan jangkauan akses yang sangat luas, pengguna internet seakan menjelajahi seisi dunia hanya melalui sebuah alat yaitu komputer. Hanya dengan menuliskan alamat website yang dituju maka dapat diperoleh dengan cepat informasi yang diinginkan.
Pariwisata merupakan sektor yang sangat berperan dalam penerimaan pendapatan suatu daerah, banyak sekali objek wisata di indonesia yang belum ter-eksplor dikarenakan daerah tersebut tidak begitu terkenal, padahal dibalik semua itu ada tempat-tembat yang sangat pantas untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya di pulau jawa, bali dan lombok, pulau sumatra juga menyediakan tempat-temapt yang tidak kalah menarik indahnya dengan parawisata kota-kota lain.
Karena kurangnya publikasi, maka kekayaan akan objek wisata tidak ter-eksplore, informasi dan fasilitas pariwisata yang dapat diakses oleh internet masih dibilang minim, maka dari itu keberadaannya tidak diketahui oleh para wisatawan. Oleh karena itu penulis ingin membuat website Pariwisata Kota Padang dengan menggunakan Dreamweaver 8 untuk menyampaikan informasi objek wisata kota padang agar memudahkan para wisatawan mendapatkan informasi parawisata kota padang.

1.2 Batasan Masalah
Pada website ini hanya berisikan informasi lokasi dan objek wisata apa aja yang berada di kota padang, untuk membuat website pariwisata ini penulis menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8, dalam pengujian website sementara ini dilakukan secara offline.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membuat Website pariwisata kota Padang dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 untuk memperkenalkan objek wisata kota padang, memberikan dan memudahkan perolehan informasi tentang objek wisata yang berada di kota padang. Pariwisata ini di harapkan akan menjadi website e-tourism yang lengkap, pada daerah yang belum terpublikasi akan di masukan ke dalam apliksi situs ini, sehingga secara tidak langsung akan ikut mendorong daerah pariwisata tersebut menjadi terkenal, agar wisatawan turut ikut berlibur ke kota Padang dan secara tidak langsung mendorong sisi ekonomi daerah pariwisata tersebut. Ekonomi daerah tidak akan tergantung lagi pada ekspor-inpor barang tetapi sisi pariwisata juga akan dapat di andalkan untuk pemasukan daerah.

1.4 Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah deskriptif atau menggambarkan, adapun teknik penulisannya secara studi literature, yaitu cara menelaah, menggali, serta mengkaji rumusan teori dari berbagai sumber termasuk browsing di internet dan Penulisan naskah atau laporan PI yang mendukung dalam penulisan ini, berdasarkan buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan, antara lain adalah buku-buku dan software tentang Macromedia Dreamweaver 8 sebagai penunjang pembahasan masalah yang bersifat pasti, diskusi dan tukar pikiran dengan dosen pembimbing.

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang di gunakan adalah sebagi berikut :
Bab I : Pendahuluan
Bab ini memaparkan mengenai latar belakang penulisan, batasan masalah yang hendak dibahas tujuan penulisan yang hendak dicapai serta metode penelitian dan sistematika penulisan yang digunakan.

Bab II : Landasan Teori

Bab ini menguraikan tentang teori untuk pembuatan website, yakni tentang Macromedia Dreamweaver, PHP, MySQL dan beberapa software pendukung seperti Photoshop, dan juga akan di tambahkan dengan struktur navigasi.

Bab III : Analisis dan Pembahasan

Bab ini akan dijelaskan tentang pokok penulisan yaitu cara merancang dan tahapan-tahapan pembuatan aplikasi website pariwisata dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8. Dimana, informasi objek pariwisata apa saja yang berada di kota padang, dalam hal ini akan dibahas secara terperinci.

Bab IV : Penutup
Pada bab terakhir ini berisi kesimpulan serta saran dari penulis sebagai hasil dari penulisan ilmiah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s