BELAJAR KELOMPOK

Ternyata belajar belajar berkelompok sangat berguna untuk membantu mata kuliah yang sulit. Contohnya jika anda mendapatkan mata kuliah yang sukar yaitu yang menyebabkan mahasiswa tidak lulus maka salah satu cara untuk memudahkan mata kuliah tersebut dengan cara belajar berkelompok. Dengan cara belajar berkelompok  anda dapat saling menolong untuk mengatasi kesulitannya, dengan kerjasama memungkinkan akan menghasilkan yang lebih besar tapi jangan sekedar berkumpul saja dengan rekan mahasiswa melainkan harus bener-bener dapat memecahkan masalah  tersebut. Anda harus pandai-pandailah bertindak, tetapi jangan sampai anda sudah kumpul bersama rekan anda tapi hasilnya  menyontek kepada rekan anda,  itu sangat tidak baik.

Mungkin saya akan sedikit menjelaskan cara kerja kelompok yang baik:

  1. Carilah paling banyak 5 orang rekan mahasiswa anda, dan anda harus yakin bahwa mereka sungguh-sungguh mengerjakan tugas jangan Cuma nebeng nama saja itu tidak adil buat kelompok anda.
  2. Buatlah bersama suatu satu rencana kerja dengan jadwal waktu, misalnya kelompok anda hari ini, jam segini, tempatnya disini dengan tugasnya untuk mengerjakan penilitian itu harus dirembuk dan  saling menyetujui apa yang akan dikerjakan.
  3. masing-masing pada pertemuan rekan anda harus sudah membaca bahan yang akan dibahas, dalam kelompok itu rekan-rekan anda harus mencoba untuk menjelaskan akan maksud penulisannya. Apabila ada rekan anda yang pendapatnya kurang tepat maka anda harus memberikan komentar, dengan itu anda saling menolong  untuk mengerti tentang bahan kuliah itu.
  4. Selama diskusi anda membuat catatan tentang hal-hal yang anda salah mengerti atau yang telah anda lupakan.

Anda tentu akan melihat hasilnya belajar berkelompok, belajar berkelompok itu lebih mudah walaupun kadang-kadang kita sulit untuk memulainya karena jika anda sudah bertemu rekan-rekan anda godaannya sangat banyak. Contohnya gosip (apalagi perempuan), makan-makan dan lain-lain. Cobalah anda menyempatkan waktu anda untuk belajar bersama karena hasilnya akan jauh lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s