KARTINI MASA KINI (Abad 21)

Kini di abad ke 21 yang kita kenal dengan abad milenium, perjuangan emansipasi wanita bisa tampak lebih nyata terlihat. Meskipun Kartini belum melakukan action atas pemikirannya tersebut, namun begitu, pemikirannya begitu berlian untuk ukuran wanita yang berada di akhir abad 19 atau abad 20. Dimana para wanita di jamannya tersebut begitu di kungkung, dipingit tidak boleh melakukan hal-hal yang dikuasai oleh kaum pria.

Meskipun begitu, jika di kaitkan pada masa sekarang, Kartini sudah memiliki gagasan dimana para wanita masa kini sudah hampir sejajar dengan kaum pria. Terutama dalam mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan modern dimana saat itu sudah didirikan oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Meski baru sebatas pemikiran atau ide, namun benar-benar menjadikan inspirasi bagi generasi di bawahnya dan sekarang. Sebab, memalui idenya tersebut, maka dibangunlah sekolah yang sesuai dengan idenya, serta perjuangan yang tidak kenal lelah, hasilnya bisa di petik pada jaman sekarang.

Dengan ide berlian atau cemerlangnya Kartini, seyogianya hal itu dapat dijadikan sebagai inspirasi juga oleh kaum wanita jaman sekarang ini. Jika Kartini dengan keadaan serba terbatas saja bisa, maka dengan jaman yang notabene segala ada harus bisa lebih dari apa yang dilakukan oleh Kartini. Kumpulan surat kartini yang dijadikan buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” dapat dijadikan contoh inspirasi. Bagaimana seorang wanita kini bisa memilki gagasan yang agar maju menuju terang, padahal dia menjalani kehidupan yang gelap.

Kaum wanita tidak hanya di batasi oleh umur dewasa maupun remaja tetapi harus bisa bersikap realistis dan mengimplementasikan apa yang di inspirasikan oleh Kartini tersebut, yakni tidak ada yang tidak bisa jika kita memang mempunyai keinginan dapat melakukannya.

Di lihat dari segi agama Islam, emansipasi wanita juga tidak berbenturan, untuk mencari ilmu tdak hanya dilakukan oleh kaum pria saja tetapi wanita juga harus tetap mencari ilmu. Meskipun demikian, seorang wanita tetap harus berada pada kodratnya, dan itu pula di atur oleh agama.

2 thoughts on “KARTINI MASA KINI (Abad 21)

  1. wah, wah,,

    mba,
    R.A Kartini bukan hanya memiliki ide yang begitu gemilang,
    namun mba kayanya perlu tahu, bahwa R.A Kartini juga sudah action pada waktu itu, yang bahkan melakukan langkah revolusioner di zaman pingitan itu

    sy mereferensikan mba untuk membaca buku “Kartini, sebuah biografi”

    trmksh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s