KARTINI YANG MENGINSPIRASI

Emansipasi wanita memang tidak akan lepas dengan sosok nama Raden Adjeng Kartini. Berkat jasa wanita yang di lahirkan pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, wanita kini mendapat hak yang sama dengan kaum laki-laki.

Silsilah Raden Adjeng kartini berasal dari kaum priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang notabene adalah Bupati Jepara. Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua. Kakeknya pangeran Ario Tjondrongoro IV, di angkat bupati dalam usia 25 tahun. Kakak Kartini, Sosrokartono adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa bahasa. Sampai usia 12 tahun, Kartini di perbolehkan bersekolah di ELS (Europese Large School). Di sini anatara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. Sumber (Wikipedia).

Karena pandai berbahasa Belanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari buku-buku modern, majalah, koran eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa.

Selain itu juga, ketidakadilan yang di rasakan oleh kaum perempuan pada masa itu, yaitu banyak perempuan yang baru usia 12 tahun harus sudah siap di pingit atau di nikahkan dengan kaum penjajah. Dari situlah timbul keinginan dari Kartini untuk memajukan kaum perempuan khususnya perempuan pribumi, karena dilihatnya bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah jika dibandingkan dengan kaum laki-laki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s