MEMIMPIKAN INDONESIA MASUK PIALA DUNIA

Perhelatan akbar menuju piala dunia 2010 sudah terasa dari sekarang. Iklan-iklan yang berkaitan dengan piala dunia sudah di muat baik di surat kabar ataupun di televisi. Tidak hanya itu, properti atau aksesoris sudah banyak di jumpai di mall-mall atau di tempat perbelanjaan lainnya. Sungguh sangat terasa begitu antusiasnya masyarakat dalam menyambut hajatan besar dalam sepak bola ini.

Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain juga sudah terasa begitu menggemanya suasana piala dunia, apalagi bagi mereka yang negaranya masuk dalam putaran final piala dunia begitu sangat antusiasnya menantikan hajatan besar itu.  Setiap orang tentu memiliki jagoan negara masing-masing, bahkan tidak sedikit dari mereka yang melakukan perjudian untuk mendukung jagoannya.

Bagaimana kalau Indonesia masuk piala dunia? Pertanyaan itu yang selalu ada di pikiran masyarakat Indonesia, andaikan kalau Indonesia masuk piala dunia, mungkin itu menjadi suatu keajaiban yang sangat luar biasa. Kenapa demikian, karena jika melihat dari kondisi sepak bola tanah air, masih sangat jauh dari harapan. Buruknya prestasi sepak bola saat ini tidak lepas dari kepemimpinan sepak bola sekarang. PSSI selaku induk sepak bola Indonesia sudah sepantasanya intropeksi diri, dalam hal ini mereka selaku pengurus harus bisa sadar akan kemampuan mereka dalam membawa sepak bola negeri ini yang semakin hari semakin jeblok prestasi. PSSI juga harus bisa membawa sepak bola negeri ini ke arah yang lebih baik, caranya bisa di lakukan pendidikan sepak bola terutama bagi kader-kader muda yang memiliki kualitas yang baik. Selain itu, dalam hal penyelanggaran event-event sepak bola sekarang contohnya LSI (Liga Super Indonesia) penataan jadwal dan club-club juga harus lebih baik.

Selain itu, dalam pemilihan pelatih untuk Timnas Indonesia harus pelatih yang berkualitas, baik Timnas junior ataupun Timnas senior. Pada saat pembinaan sepak bola, PSSI seharusnya sering melakukan latihan-latihan dan pertandingan persahabatan baik berskala nasional ataupun internasional sehingga mental dan teknik bermain para pemain akan semakin terasah. Apabila sepak bola Indonesia pengen maju, semua komponen atau stekholder PSSI baik tingkat daerah atau pusat itu harus di evalusi, baik dari segi suporter, pemain, pelatih, manajemen, bahkan kepengurusan PSSI sekarang harus di evalusi total. Selain itu, pemerintah indonesia juga telah melakukan KSN (Kongres Sepak Bola Nasional) yang tujuannya untuk memajukan sepak bola tanah air. Hasil dari kongres tersebut yang menghasilakn tujuh rekomendasi sudah di berikan ke PSSI tinggal bagaimana PSSI melaksanakan rekomendasi tersebut. Kalau sepak bola tanah air ingin maju, tentunya PSSI harus sesegera mungkin melaksanakan rekomendasi tersebut.

Jika semua rekomendasi di atas bisa di laksanakan dengan baik, bukan tidak mungkin impian untuk masuk piala dunia bisa terlaksana tidak hanya mimpi saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s