Pengantar Oracle E-Business Suite (EBS)

Sebenarnya saya bingung soalnya  tidak mengerti,biar saya bisa belajar ya saya posting di blog saya karena aslinya versi english tapi saya coba posting versi indonesia karena saya tidak mengerti bahasa inggris hehehe..(belibet ngomongnya :D)

Pengantar

Oracle E-Business Suite (EBS) versi 12 merupakan produk internet enabled yang dapat dikelola dari satu situs. Sebuah perusahaan dapat mengoperasikan pusat data tunggal dengan database tunggal, mirip dengan produk ERP lainnya. Rilis ini diluncurkan pada bulan Februari 2007 dan berisi sejumlah lini produk yang pengguna dapat menerapkan untuk bisnis mereka. Oracle EBS meliputi sumber daya perusahaan perusahaan perencanaan (ERP) produk serta manajemen rantai suplai (SCM) dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) aplikasi. Setiap aplikasi berlisensi secara terpisah sehingga perusahaan dapat memilih kombinasi yang cocok untuk proses bisnis mereka.

Aplikasi ditemukan di EBS Oracle meliputi:

  • Oracle CRM
  • Oracle Financials
  • Oracle Manajemen Sumber Daya Manusia Sistem (HRMS)
  • Oracle Logistik
  • Supply Chain Aplikasi Oracle
  • Oracle Order Management
  • Oracle Manajemen Transportasi
  • Oracle Warehouse Sistem Manajemen

Oracle CRM

Aplikasi CRM Oracle menyediakan “front office” fungsi yang membantu bisnis untuk meningkatkan pelanggan dan loyalitas pelanggan dan kepuasan. Fungsi dasar meliputi pemasaran, menangkap order, kontrak, layanan lapangan, manajemen suku cadang dan fungsi call center. Aplikasi CRM juga mencakup produk internet fokus seperti katalog, manajemen konten, kutipan dan manajemen pesanan.

Oracle Financials

Aplikasi Financials meliputi General Ledger, Cash Management, Hutang, Piutang, Aset Tetap, Treasury, Manajemen Properti, Analyzer Keuangan dan self-service fungsi biaya.

Oracle Manajemen Sumber Daya Manusia Sistem (HRMS)

Aplikasi HRMS membantu perusahaan mengelola merekrut-to-pensiun proses. Aplikasi ini memberikan pengguna pandangan real-time dari semua kegiatan HR, termasuk merekrut, manajemen waktu, pelatihan, kompensasi, manfaat dan gaji. Suite HRMS dilebur dengan aplikasi EBS lainnya dan persediaan pengguna dengan paket analisis yang memungkinkan ekstraksi data HR dengan mudah.

Oracle Logistik

Modul logistik memungkinkan pengguna untuk merencanakan, mengelola, dan mengendalikan aliran dan penyimpanan produk dan jasa dalam bisnis. Ini memberikan informasi untuk merencanakan kebutuhan masa depan dan safety stock dalam gudang. Aplikasi ini dapat membuat rinci, jadwal produksi kendala-based dan rencana materi.

Supply Chain Aplikasi Oracle

Aplikasi rantai pasokan kekuatan suatu bisnis informasi-driven rantai pasokan. Perusahaan dapat memprediksi kebutuhan pasar, berinovasi dalam menanggapi kondisi pasar yang bergejolak, dan menyelaraskan operasi di seluruh jaringan global. Oracle menawarkan solusi spesifik industri yang meliputi pengembangan produk, manajemen permintaan, penjualan dan perencanaan operasi, manajemen transportasi, dan manajemen pasokan.

Oracle Order Management

Agar aplikasi manajemen dapat merampingkan dan mengotomatisasi seluruh bisnis penjualan proses manajemen pesanan, dari penangkapan rangka menjanjikan dan untuk transportasi dan pengiriman. Manajemen agar juga mencakup EDI, XML, telesales dan etalase web. Beberapa manfaat bisnis yang dapat dicapai termasuk biaya pemenuhan berkurang, waktu pemenuhan pesanan mengurangi siklus, akurasi rangka meningkat dan lebih besar pada waktu pengiriman.

Oracle Manajemen Transportasi

Manajemen transportasi (TMS) menyediakan perencanaan transportasi dan kemampuan eksekusi untuk pengirim dan penyedia pihak ketiga logistik. Ini mengintegrasikan dan arus transportasi pembayaran perencanaan, pelaksanaan dan pengiriman. Fungsi TMS memberikan fungsionalitas untuk semua mode transportasi, dari truk penuh untuk udara yang kompleks, laut, dan pengiriman kereta api. Manfaat dari fungsi TMS termasuk biaya transportasi berkurang, meningkatkan layanan pelanggan dan pemanfaatan aset yang lebih besar.

Oracle Warehouse Sistem Manajemen

Oracle Sistem Manajemen Gudang memungkinkan gerakan terkoordinasi barang dan informasi di seluruh proses distribusi diperpanjang. Modul ini menyediakan proses bisnis yang dapat memberikan efisiensi pemanfaatan karyawan, peralatan, dan ruang dalam proses distribusi. Manfaat mencakup percepatan aliran produk melalui rantai pasokan sekaligus mengurangi lead time dan melepaskan modal kerja, manajemen waktu persediaan nyata, cross-docking, pick-by-line, maju kapal pemberitahuan (ASN), perencanaan inbound dan manajemen halaman.

Kesimpulan

Oracle produk ERP adalah yang kedua setelah SAP dalam penjualan dan terbaik dari solusi berkembang biak dapat ditemukan di ribuan perusahaan di seluruh dunia. Aplikasi yang termasuk dalam E-Business Suite mencakup berbagai proses bisnis yang ditemukan di setiap perusahaan. Industri-spesifik solusi yang disediakan oleh Oracle dengan mudah dapat mengurangi waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan solusi dan menyediakan bisnis dengan proses bisnis konfigurasi yang akan meningkatkan efektivitas keseluruhan.

 

Reff:  http://logistics.about.com/od/supplychainsoftware/a/oracle_EBS.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s